Tentang Kami

“Indonesia, Kami Pasti Mengabdi!”

Mata Garuda (MG) merupakan organisasi yang dipelopori oleh para penerima beasiswa generasi pertama LPDP. Sejak tahun 2015, MG terus berinovasi agar para penerima beasiswa LPDP dapat saling berkolaborasi dan menjalin kerja sama dengan pihak strategis demi Indonesia yang lebih maju, berkeadilan, dan mengglobal

24000+

Beasiswa dihibahkan

9000+

Alumni

30+

Negara

Sejarah Mata Garuda

Organisasi Mata Garuda secara resmi berdiri pada tahun 2015. Eksistensinya dipelopori oleh para alumni generasi pertama LPDP. Pada saat pertama kali didirikan, tujuan utamanya adalah untuk mendukung eksistensi dan kontribusi LPDP untuk bangsa. Semangat ini pun tercermin dari beberapa misi dan kegiatan yang diadakan oleh Mata Garuda.

Mata Garuda terus berkembang sesuai tuntutan zaman. Berbagai pencapaian telah diraih baik berupa lahirnya kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat hingga terbangunnya networking yang kuat di antara para alumni LPDP..

Visi dan Misi

Visi Mata Garuda pada saat pertama kali berdiri adalah mendukung eksistensi dan kontribusi LPDP untuk bangsa. Namun, saat ini visi tersebut telah berkembang ke arah yang lebih visioner.

Visi Mata Garuda saat ini adalah trannsformasi Mata Garuda menjadi ruang kolektif, yang menjadi tempat untuk menyalurkan gagasan, berkolaborasi, dan berkarya.

Misi Mata Garuda adalah membentuk ruang kolektif secara utuh; kolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka peningkatan kapasitas dan pemberdayaan anggota; serta aktualisasi potensi anggota untuk berkarya dan berkontribusi kepada masyarakat.


Nilai Mata Garuda

Bersama, kita akan menjadi bagian dalam menciptakan sebuah keluarga Mata Garuda yang bermanfaatan bagi komunitas dan Indonesia. Lima nilai utama kita yaitu: Kolaboratif, Emansipatif, Kreatif, Inovatif dan Inklusif. Nilai Utama tersebut akan mencipatakan sebuah Ruang Kolektif: dari, oleh dan untuk kita Bersama.

Pengurus Mata Garuda

Ruang Kolektif, melalui Mata Garuda, adalah ruang di mana kita, dengan beragam warnanya, dapat berkolaborasi, mengaktualisasikan potensi terbaik melalui Mata Garuda

Ruang Kolektif hadir menjadi jembatan bagi para awardee LPDP untuk berkolaborasi dan berkarya demi menghadapi tantangan global. 

Mata Garuda juga membuka kerja sama dengan para stakeholder untuk bersama-sama merumuskan solusi dari berbagai masalah sosial yang ada di masyarakat, seperti kesehatan, ekonomi, gender, teknologi, hingga isu terbaru yang dihadapi oleh semua negara, Covid-19.

Erbi Setiawan, S.T., M.Sc
Ketua Umum Mata Garuda