Mata Garuda Pusat Gelar Rakernas 2020

MATAGARUDA.org – Kematangan dalam berorganisasi sangat ditentukan dari capaian program kerja yang telah disepakati. Oleh karena itu, untuk mendapatkan rumusan program kerja yang berkualitas dan terukur dibutuhkan kolaborasi dari banyak pihak.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang digelar oleh Pengurus Mata Garuda Pusat dengan tema “Wujudkan Ruang Kolektif untuk Mencapai Tujuan Bersama” mencoba membangun kolaborasi dengan semua pengurus Mata Garuda Daerah yang ada di seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara live virtual melalui aplikasi zoom dan akun Youtube resmi Mata Garuda Pusat (MG Talks). Rakernas ini digelar selama dua hari dari tanggal 12 s.d. 13 Desember 2020.

“..ke depan, Mata Garuda bisa terus bersinergi dengan semua lapisan dan terus berkolaborasi dengan berbagai macam institusi karena Mata Garuda tidak bisa sendirian membangun Indonesia” – Erbi Setiawan (Ketua Umum Mata Garuda Pusat)

Ketua Umum Mata Garuda Pusat Erbi Setiawan dalam sambutannya berharap bahwa “ke depan, Mata Garuda bisa terus bersinergi dengan semua lapisan dan terus berkolaborasi dengan berbagai macam institusi karena Mata Garuda tidak bisa sendirian membangun Indonesia”.

Acara Rakernas ini dibuka langsung oleh Sekretaris Jendral Kementerian Keuangan, Bapak Hadiyanto. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa “Negara memberikan kesempatan kepada kalian semua mencari ilmu, dan sekarang Mata Garuda menyediakan ruang untuk mengaktualisasikannya”.

Turut hadir juga memberikan sambutan dalam acara tersebut Direktur Utama LPDP, Bapak Rionald Silaban, dan Direktur Beasiswa, LPDP Bapak Dwi Larso. Bapak Rionald Silaban dalam sambutannya mengatakan bahwa “Rakernas Mata Garuda merupakan momentum yang tepat untuk menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Mata Garuda Pusat dan Mata Garuda Daerah agar lebih sinergis dalam menjalankan program”. Pada kesempatan yang sama, Bapak Dwi Larso juga mengingatkan para alumni melalui sambutannya bahwa “Nama LPDP itu terletak pada karya alumninya”.

Rangkaian kegiatan hari pertama adalah sidang komisi yang terbagi dalam enam bagian sesuai dengan jumlah bidang yang ada dalam struktur pengurus Mata Garuda Pusat dan juga ada Gelar Inspirasi oleh Andhyta F. Utami (Environmental Economist, Co-Founder Think Policy Society) yang juga sebagai penerima Beasiswa LPDP.

Satu hal yang sangat inspiratif dari Andhyta F. Utami bahwa “seringkali kepemimpinan itu diartikan sebagai orang yang berani menjabat (jadi ketua) dalam suatu organisasi, tapi kepemimpinan itu bukan tentang title-title tersebut, tapi terkadang orang yang paling menjalankan kepemimpinan itu bisa jadi adalah orang yang ada di balik layar. Yang membedakan mereka adalah orang-orang yang berani menyuarakan kebenaran dan berani menentang pemimpinnya jika ada hal yang salah dalam organisasinya”.

Kontributor: Aguswandi

Default image
editor
Articles: 12

Leave a Reply