“How to Publish Paper in The Pandemic Era”

MATAGARUDA.org – Di masa pandemi Covid-19, para akademisi dituntut untuk tetap produktif melahirkan karya ilmiah, seperti halnya mempublikasikan hasil penelitian atau paper di jurnal. Berawal dari keresahan tersebut, Mata Garuda (MG) mengadakan kegiatan webinar dengan mengangkat tema “How to Publish Paper in The Pandemic Era” pada Sabtu, 31 Oktober 2020 via zoom dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya.

Di awal acara, Erbi Setiawan selaku Ketua Umum MG Pusat menyampaikan harapannya, “Kegiatan ini tidak hanya sekedar sharing ilmu tetapi juga ke depan kami membuka tangan yang sangat luas kepada teman-teman semua, apabila kita bisa menciptakan kolaborasi ke depan seperti apapun itu bentuknya, kami sangat terbuka untuk hal tersebut”.

Fitriyono Ayustaningwarno, S.TP., M.Si (Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro) dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa hasil penelitian yang sudah dipublikasikan dapat diolah kembali untuk menghasilkan satu paper baru setelah melalui proses modeling dan memanfaatkan Secondary Data yang ada. Lebih lanjut, Fitriono memberikan contoh tentang hasil penelitian lab basahnya bisa menghasilkan sampai tiga paper dan dipublikasikan dengan indeks Q1.

Salah satu spirit dalam menulis menurut Dr. Abdul Karim, M.Pd.I (Reviewer Jurnal Scopus/Dosen Universitas Muhammadiyah Cirebon) adalah “manajemen”. Manajemen tersebut terdiri dari Manajemen diri, manajemen waktu, manajemen keuangan, manajemen sumber bacaan, diskusi dan menjalin jejaring, manajemen media sosial. Lebih lanjut Abdul Karim menjelaskan bahwa bagian penting lainnya dalam menulis artikel adalah menentukan jenisnya seperti research, viewpoint, technical & conceptual paper, case studi, general, literature systematic review.

Apa sebenarnya yang dimaksud Systematic Review? Menurut dr. R. Detty Siti Nurdiati Z., MPH., Ph.D., Sp.OG (K) (Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada) mengatakan bahwa Systematic Review merupakan cara yang paling efisien dalam mengakses suatu body of research sehingga dapat mempermudah kita mendapat evidence yang baik. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Systematic Review juga dapat menyediakan summary dari semua artikel yang masuk sehingga memudahkan kita untuk memahami isi artikel tersebut.

Kontributor: Aguswandi, S.Sos., M.I. Kom
Alumni LPDP Magister Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin

Default image
editor

Leave a Reply