MATA GARUDA LPDP, GERAKAN 1001 BUKU DAN PEMERINTAH DESA MACCINI BAJI

MATAGARUDA.org – Mata Garuda LPDP, Gerakan 1001 Buku, dan Pemerintah  Desa Maccini Baji bersinergi secara kolektif dalam mewujudkan desa binaan internet untuk pendidikan. Launching project tersebut pun dilakukan pada Sabtu, 17 Oktober 2020 Pukul 10:00 WITA di Desa Macinni Baji, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Pemilihan desa tersebut dilakukan dengan penuh pertimbangan seperti yang dituturkan oleh Arie Nugraha, tim dari Mata Garuda sekaligus co-founder Gerakan 1001 Buku.

“Awalnya ingin kuota internet tetapi seperti sulit, kemudian diputuskan membuat titik WIFI tetapi ada kendala untuk daerah terpencil yang tak punya akses jaringan internet, akhirnya kita berfokus ke zona merah yang memiliki akses untuk pemasangan titik WIFI atau internet,” jelas Arie.

Mahasiswa S2 Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga menyampaikan bahwa terdapat evaluasi dalam program desa binaan internet tersebut.

Evaluasi ini akan dilihat dari beberapa aspek, seperti ekefktifitas penggunnaan internet dan kurikulum 3 bulan yang disusun oleh gerakan 1001 buku.

Kemudian, secara operasional desa binaan ini akan buka setiap hari Senin-Jumat, pukul 09:00-16:00 WITA.

Para siswa/i yang datang dapat mengakses internet secara bebas untuk tujuan pendidikan. Bahkan, bisa mengikuti materi yang disediakan oleh tim pada hari Selasa dan Kamis.

Sebagai langkah evaluasi dan pengawasan, para relawan yang umumnya adalah mahasiswa akan memantau penggunaan internet para siswa/i tersebut. Kemudian, setiap hari juga akan dilakukan penggantian password WIFI, sehingga tidak ada penggunaan berlebihan. Adapun pengguna terbanyak layanan desa binaan internet untuk pendidikan ini adalah pelajar SD di pagi-siang hari dan siswa SMP di sore hari. Tetapi, ada juga beberapa mahasiswa/i di sekitarnya yang turut menjadi pengguna. 

Ke depan, untuk mengukur efektivitas program, akan dianalisis mengenai jumlah pengguna setiap harinya, kemudian pembagian kuisioner kepada pengguna layanan, terkait pemahaman literasi internet sebelum memanfaatkan jaringan internet desa binaan maupun setelahnya.

Diharapkan program kolaborasi Mata Garuda ini bisa terus berjalan dan berdampak positif untuk literasi penggunaan internet yang baik dan benar di Desa Maccini, Sulawesi Selatan. Semoga ke depannya, Mata Garuda bisa berkesempatan untuk berkolaborasi dengan lebih banyak stakeholder sehingga program seperti ini bisa diperluas jangkauannya di Indonesia.

-241020

Default image
editor

Leave a Reply