Desa Binaan: Pendidikan Untuk Semua

Hari ini, 17 Oktober 2020, bertempat di desa Maccini Baji, kecamatan Bajeng, Gowa, Sulawesi Selatan, Mata Garuda secara resmi meluncurkan salah satu program pemberdayaan masyarakatnya, yaitu “Desa Binaan Internet untuk Pendidikan”.

Hadirnya pandemi Covid-19 telah memaksa para pelajar di Indonesia, khususnya di daerah Gowa, Sulawesi Selatan berhenti sekolah secara tatap muka.

Namun sayangnya, proses pembangunan akses internet yang belum merata di Indonesia, menyebabkan banyak anak di desa Maccini Baji kesulitan dalam mengakses internet untuk bersekolah daring.

Konsep program “Desa Binaan Internet untuk Pendidikan” adalah berupa penyediaan ruang akses belajar (internet) bagi anak-anak di desa binaan. Para siswa diharapkan dapat meneruskan sekolah daring mereka dengan dukungan internet yang memadai.

Hadirnya program ini tentu saja mendapatkan apresiasi dari masyarakat setempat, khususnya dari para orang tua.

Para orang tua di desa Maccini Baji kini dapat kembali tersenyum karena buah hati mereka dapat bersekolah secara daring tanpa hambatan.

Ke depannya, Mata Garuda akan terus membuka kesempatan bagi para stakeholder untuk terus berinovasi dan berkolaborasi, sehingga program seperti Desa Binaan ini dapat dilakukan juga di daerah-daerah Indonesia lainnya. Selain itu, Mata Garuda sebagai ruang kolektif, akan terus berkomitmen untuk menjadi alternatif solusi bagi masalah sosial yang ada dalam masyarakat Indonesia.

Default image
editor

Leave a Reply