Mendikbud Nadim: Opportunities in Entrepreneurship di Indonesia Nomor 1

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim turut hadir dalam pembukaan Simposium Internasional PPI Dunia XII-2020, pada .18 Agustus 2020. Dalam diskusi hangat yang terpaksa dilakukan secara daring tersebut, Nadim sempat menyebut bahwa opportunities entrepreneurship di Indonesia nomor 1.

“Kalau dari opportunities, apalagi in entrepreneurship di indonesia nomor 1,” tegas Mendikbud Nadiem.

Lebih lanjut founder GOJEK ini menyatakan, “Indonesia he best. market yang besar sekali, berbagai hal yang rusak perlu dibenarkan dan hal ini dan itu yang belum optimal dari sisi profesionalisme.”

Sumber: Tangkapan Layar, Simposium PPI Dunia XXI-2020

Sehubungan dengan hal itu, Nadiem juga memberikan 3 pesan penting bagi pelajar Indonesia yang studi di luar negeri. Pertama, suami dari Franka Franklin ini menekankan bahwa pelajar Indonesia yang studi di luar negeri harus berani start something. Menciptakan sesuatu yang baru entah itu bisnis maupun organisasi non profit.

“Apapun itu menciptakan sesuatu dari nol, yang penting punya pengalaman dan mencoba sesuatu yang baru entah itu bisnis maupun non profit. Start something,” tegas Nadiem.

Kemudian, 2 hal berikutnya adalah learn term digital skills or digital something dan make non Indonesia friend as well. Menurut Nadiem, apapun yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan exposure ke dalam dunia atau aspek teknologi itu akan membantu dalam sektor masing-masing. Kita bisa mempelajari software engineering, AI, digitalisation dalam berbagai aspek sesuai bidang studi masing-masing.

Terkait dengan hal ketiga yaitu make non Indonesia friend as well, Nadiem mengingatkan agar para pelajar di luar negeri tidak terjebak hanya berteman dengan orang Indonesia saja. Nadiem berharap, para pelajar di luar negeri bergaul secara luas dengan berbagai orang dari mancanegara. Sebab, berdasarkan pengalamannya pertemanan dengan berbagai orang dunia yang hebat akan membawa kita pada kesuksesan.

“Gimana menurut kalian?”

Default image
admin
Articles: 3

Leave a Reply