iWareBatik: Cara Anak Muda Menjaga Warisan Budaya

Puspita Ayu Permatasari, mahasiswi Università della Svizzera italiana, sekaligus penerima beasiswa LPDP telah berhasil meluncurkan website dan aplikasi edukasi batik nusantara.

Website dan aplikasi ini berisi 124 motif batik dari seluruh penjuru nusantara. Tidak hanya motif, tetapi makna setiap motif juga ditampilkan agar para pembaca lebih memahami salah satu warisan budaya tak benda Indonesia ini.

Selain itu, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan berupa kamera pengenal motif batik yang semakin memudahkan para millenial untuk berkenalan dengan akar budayanya.

Dalam meluncurkan aplikasi ini, Ayu didukung oleh LPDP, Organisasi Sobat Budaya, USI eLab, dan UNESCO Chair in ICT to develop and promote sustainable tourism in World Heritage Sites. Tujuan dari diciptakannya website dan aplikasi ini adalah untuk menjaga nilai dan sejarah batik yang ada di Indonesia melalui kemajuan teknologi digital.

Mari turut serta dalam menjaga kebudayaan negeri dengan ikut mengunduh aplikasi iWareBatik yang telah tersedia di Android dan IOS. Menjaga budaya bukanlah kewajiban generasi tua saja, tetapi juga menjadi kewajiban semua generasi.

Simak obrolan seru antara Puspita Ayu dengan tim Mata Garuda di link YouTube MG Talks berikut: https://www.youtube.com/watch?v=8UXCMkSC_T0

-editor

Default image
editor
Articles: 12

Leave a Reply