Mewujudkan Indonesia Emas 2045

"Kami titipkan bangsa ini pada kalian wahai Mata Garuda!"

Awardee LPDP dalam Tim Hoome Menjadi Juara Nasional Imagine Cup 2016 dalam Kategori Innovation

Author: Tim Mata Garuda

shadow

(Jakarta, 15/4) Final kompetisi tingkat nasional, Imagine Cup 2016, yang digelar pada Rabu malam (6/4), di @america, Pacific Place, Jakarta, masih menyimpan cerita kebanggaan. Melalui ajang ini, pelajar dan mahasiswa Indonesia adu kreatifitas dan kemampuan dalam bidang teknologi informasi (IT).

Selain TIM GARUDA 45 yang berhasil menjadi pemenang dalam kategori World Citizenship, pemenang untuk kategori  Innovation juga diraih oleh salah satu awardee LPDP ITB, Dody Qory Utama. Dody bersama keempat rekannya mengembangkan sistem rumah pintar, Hoome, sebuah sistem yang berguna bagi anda yang menginginkan kenyamanan saat berada di dalam rumah. Berbeda dengan konsep rumah pintar (smart home) lain, Hoome mencoba menghadirkan kenyamanan bagi penghuni rumah. Jadi, penghuni rumah tidak perlu bersusah payah mengontrol peralatan elektronik agar sesuai keinginannya. Sebaliknya, Hoome-lah yang akan menyesuaikan peralatan elektronik seisi rumah agar penghuninya nyaman. Menarik, bukan?

Hoome akan menganalisa tingkat stress, mood, kesadaran, dan tingkat kenyamanan pengguna dengan bantuan perangkat wearable, seperti jam tangan pintar. Fungsi dari gawai pakai tersebut untuk mengumpulkan data fisik dan psikologis pengguna. Setelah mendapatkan data pengguna, Hoome akan mengatur segala perangkat elektronik di dalam rumah, misalnya saja: pencahayaan, temperatur air conditioner (AC), televisi, atau home theater akan diatur sesuai kondisi fisik maupun psikologis pengguna. Apabila pengguna letih atau tidak enak badan, maka suhu ruangan akan dibuat tidak terlalu dingin. Jika pengguna dalam keadaan stress, maka home theater akan memutar lagu-lagu yang menenangkan. Selain itu, saat pengguna mengantuk pencahayaan akan meredup secara otomatis.

Sebelum berlaga di final Imagine Cup 2016, tim Hoome Studio sempat memamerkan teknologi ini saat Mobile World Congress 2016 pada bulan Februari lalu di Barcelona. Respon positif atas teknologi ini pun datang dari komunitas internasional. Proyek yang telah dikembangkan sejak 2010 ini mengantarkan tim Homee menjadi salah satu juara Imagine Cup 2016 di tingkat nasional dan akan bertarung di babak semifinal worldwide, 27 April 2016 mendatang. (Tim Mata Garuda)