Mewujudkan Indonesia Emas 2045

"Kami titipkan bangsa ini pada kalian wahai Mata Garuda!"

Awardee LPDP menjadi Juara Nasional dalam Kompetisi Imagine Cup 2016

Author: Tim Mata Garuda

shadow

(Jakarta, 10/4) - Awardee LPDP, yang tergabung dalam Tim Garuda 45 berhasil meraih  juara nasional pada malam final Imagine Cup 2016 yang digelar pada  Rabu (06/04/2016) , di @america, Pacific Place, Jakarta.  Dalam ajang tersebut, Tim Garuda 45 dinobatkan sebagai juara nasional untuk kategori World Citizen. Tim ini terdiri dari 4 awardee LPDP dari 3 kampus yang berbeda, yang terdiri atas  Ahmad Ataka Awwalur R (PhD Robotics, Kings College London); Ali Akbar Septiandri (MSc Artifical Intelligence, University of Edinburgh); Dewi Nur Aisyah (PhD  Infectious Disease, University College London)  dan Muammad Rezqi (MSc Cyber Security and Privacy, University of Edinburgh).

Melalui proyekTB DeCare, mereka berhasil mendapatkan tiket untuk mengikuti tahap final Imagine Cup 2016 yang akan di adakan di Seattle, Amerika Serikat, dimana mereka akan bersaing dengan perwakilan dari negara lain. Proyek TB DeCare adalah aplikasi yang menawarkan automated TB detection menggunakan image processing analysis. Aplikasi ini mampu mengecek sputum dan menghitung bakteri TBC dengan akurasi lebih tinggi dibanding menggunakan mikroskop. Hasil diperoleh hanya dalam waktu kurang dari 3 menit. Selain itu tim garuda 45 mengembangkan portable flourescene microscope. Pengguna cukup memanfaatkan ponsel lalu disambungkan ke portable microskop. Selanjutnya foto sputum akan dianalisa menggunakan computer vision technique dan hasilnya langsung dikirim otomatis ke dokter dan pasien.

Kompetisi Imagine Cup adalah ajang yang ditujukan khusus pelajar dan mahasiswa berbakat di seluruh dunia untuk bersaing dan membuktikan kehebatan aplikasi yang mereka ciptakan. Kompetisi ini menghadirkan aplikasi inovatif yang dikembangkan oleh developer muda untuk menghadirkan solusi nyata bermanfaat yang mampu menangani berbagai tantangan masyarakat saat ini. Kompetisi ini diadakan di berbagai negara, dimana pemenang dari negara tersebut akan diadu dengan pemenang-pemenang dari negara lain. Ada tiga kategori yang ditandingkan, yaitu  Games, World Citizenship, dan Innovation. Pada tahun 2016, kompetisi Imagine Cup di Indonesia diikuti oleh 18 team dari berbagai universitas di Indonesia serta tim dari mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di luar negeri. (Tim Mata Garuda)