Falma Kemalasari Terpilih sebagai Ketua Mata Garuda 2018-2020

Mata Garuda merupakan ikatan alumni penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Organisasi ini berdiri pada tahun 2015 dan diisi oleh alumni dari berbagai universitas di dunia dan Indonesia.

Pendirian organisasi ini diharapkan sebagai pusat kontribusi para anggotanya dalam pembangunan Indonesia sebagai wujud dharma bakti atas ilmu dan jiwa kepemimpinannya untuk Indonesia.

Pada tahun 2018, Mata Garuda melakukan pemilihan Ketua Umum yang sebelumnya dipimpin oleh Danang Rizki Ginanjar. Danang menjadi Ketua Mata Garuda Periode 2016-2018.

Setelah melalui proses pemilihan umum yang telah dilaksanakan sejak dua bulan lalu dan hanya bisa dilakukan oleh alumni, akhirnya Falma Kemalasari menjadi ketua Mata Garuda periode 2018-2020.

Perempuan yang maju dengan slogan #BergerakBersama ini mendapatkan 483 suara, mengalahkan dua kandidat lainnya, Addo Wityasmoro dengan 334 suara dan Dyota Marsudi dengan 116 suara.

Falma Kemalasari merupakan alumnus Universitas Radboud, Belanda. Sebelumnya Falma menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Nijmegen periode 2015-2016.

Tak hanya itu, Falma juga terlibat aktif dalam organisasi yang membantu refugee atau pengungsi selama tinggal di Belanda. Saat ini Falma aktif di Lembaga Penelitian milik Universitas Indonesia.

Pengumuman pemilihan umum ini dilaksanakan pada kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) Mata Garuda di Gedung Graha Sawala LPDP, Jakarta.

Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Mei 2018. Selain kegiatan ini, Munas ini juga membahas Laporan Pertanggungjawaban Periode Mata Garuda yang sebelumnya.

“Pemilu Mata Garuda mengingatkan saya bahwa Indonesia, Mata Garuda, LPDP dan alumninya akan selalu didamba untuk bisa jadi sebuah utopia, karena itu gelar-gelar pendidikan harus selalu bisa dipertanggungjawabkan,” kata Falma.

“Mari Bergerak Bersama untuk saling menginspirasi dalam kesuksesan dan mari lahirkan karya-karya hebat yang saling menghebatkan bagi Indonesia,” ujar Falma dalam pesan singkat Minggu (6/5/2018).

Selain Munas, Senin, tanggal 7 Mei akan acara Welcoming Night Alumni LPDP yang akan dihadiri 1500 alumni dari berbagai daerah. Kegiatan Welcoming Night ini akan dihadiri oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Selain itu akan ada beberapa Menteri yang hadir pada acara tersebut, Puan Maharani (Menko PMK), Muhammad Nasir (Menteri Ristekdikti), Muhajir Effendi (Mendikbud), dan Lukman Hakim Syaifuddin (Menag).

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Falma Kemalasari Terpilih sebagai Ketua Mata Garuda 2018-2020, http://makassar.tribunnews.com/2018/05/07/falma-kemalasari-terpilih-sebagai-ketua-mata-garuda-2018-2020?page=2.
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*